Soal Essay tentang Iman kepada Malaikat Beserta Jawabannya

Soal Essay tentang Iman kepada Malaikat Beserta Jawabannya SMA/MA/SMK/MAK - soal-soal Pertanyaan tentang iman kepada malaikat postingan ini, diambil dari materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 10 semester 2 kurikulum 2013 Edisi revisi Bab 1, "Beriman kepada Malaikat-Malaikat Allah SWT". Admin juga telah banyak mempublish lebih dari 100 soal mengenai malaikat pada postingan sebelumnya, diantaranya: soal PG PAI kelas 10 semester 2 tentang iman kepada malaikat dan soal essay PAI tentang iman kepada malaikat

Berikut dibawah ini, Pertanyaan tentang iman kepada malaikat beserta kunci jawaban.

1. Jelaskan perbedaan malaikat dengan makhluk Allah SWT yang lain!
Jawaban:
a. Malaikat
1) Diciptakan dari nur (cahaya)
2) Selalu patuh kepada Allah SWT
3) Tidak memiliki hawa nafsu
5) Tidak Sombong
4) Selalu bertasbih
5). Diciptakan untuk taat kepada Allah SWT. dan selalu melaksanakan tugas sesuai bidangnya masing-masing.
b. Manusia
1) Diciptakan dari saripati tanah
2) Memiliki nafsu dan akal h SWT.
3) Melalui nafsu dan akal itu manusia mampu mengendalikan dirinya dari segala perbuatan yang dilarang Allah SWT.
4) Bagi yang tidak mampu menahan nafsu, maka terjerumuslah dia ke dalam jurang kehancuran.
c. Jin, Iblis, dan Setan
1) Diciptakan dari api
2) Diberi kebebasan untuk menjadi mukmin atau kafir (taat atau membangkang)
3) Iblis dan setan memiliki sifat sombong, durhaka, serta menentang dan berusaha menyesatkan manusia
4) Tujuan diciptakan sama dengan penciptaan manusia, yaitu untuk beribadah kepada Allah SWT.
5) Setan dan iblis diciptakan untuk taat dan mematuhi perintah Allah SWT, tetapi mereka durhaka dan sombong terhadap perintah Allah SWT. sehingga mereka menjadi makhluk yang tak terkutuk. Mereka akan masuk neraka selama-lamanya.

2. Apa yang kamu ketahui tentang malaikat?
Jawaban: Malaikat berasal dari kata malak (bentuk tunggal/mufrod-nya) , jamaknya malaikat, adapun akar katanya adalah “alaka ya’luku alukatan” (ألك – يألك – ألوكة) yang berarti risalah atau menyampaikan pesan. Malaikat sebagai makhuk gaib tidak memasuki alam nyata atau alam materi, tetapi alam rohani. Malaikat bertugas dan berfungsi sebagai perantara dan pelaksana kehendak Allah SWT., terutama yang berhubungan dengan alam rohani manusia.

3. Sebutkan 10 Nama Malaikat beserta tugasnya!
Jawaban:
a. Malaikat jibril: bertugas menyampaikan pesan wahyu kepada para nabi dan rasul Allah SWT. Dialah yang mengantarkan dan mengawal serta juru bicara Nabi Muhammad saw. pada waktu beliau melakukan Isra Mikraj.
b. Malaikat Mikail: bertugas membagi dan mengatur rezeki dari Allah SWT. kepada semua makhluk hidup
c. Malaikat Israfil: bertugas sebagai peniup sangkakala yang merupakan pertanda datangnya hari kiamat
d. Malaikat Izrail: bertugas sebagai pencabut nyawa dan roh setiap manusia dan makhluk lain di saat ajal datang. Malaikat Izrail disebut juga Malaikat Maut.
e. Malaikat Rakib: bertugas sebagai pencatat amal kebaikan (amal saleh) setiap manusia, sejak balig sampai datangnya maut.
f. Malaikat Atid: bertugas sebagai pencatat amal kejahatan (amal buruk bagi setiap manusia, sejak balig sampai datangnya maut)
g. Malaikat Munkar: bertugas sebagai penanya setiap manusia di dalam kubur, yaitu pada saat jenazah selesai dikuburkan.
h. Malaikat Nakir: bertugas sebagai pemberi sanksi atau siksa di dalam kubur. Tugasnya bersamaan dengan Malaikat Munkar.
I. Malaikat Malik: bertugas sebagai penjaga neraka
j. Malaikat Ridwan: bertugas sebagai penjaga dan pengawal surga.

4. Jelaskan 9 sifat yang dimiliki oleh Malaikat!
Jawaban: Berikut sifat-sifat yang dimiliki malaikat
a. Malaikat selalu taat dan patuh kepada Allah SWT., dan tidak pernah membantah perintah Allah SWT.
b. Malaikat senantiasa bertasbih kepada Allah SWT., dan tidak pernah merasa lelah dan bosan
c. Malaikat tidak memiliki hawa nafsu
d. Malaikat tidak pernah sombong dan takabur
e. Malaikat tidak pernah lalai dalam menjalankan kewajiban
f. Malaikat adalah hamba Allah SWT. yang dimuliakan
g. Malaikat mengerjakan berbagai urusan yang diberikan Allah SWT.
h. Malaikat diutus Allah SWT. untuk menolong orang-orang yang beriman dan sabar
i. Malaikat selalu mendoakan orang-orang yang beriman

Baca juga:
- Contoh soal UTS/PTS PAI kelas 11 semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Kunci Jawaban
- Contoh soal UAS/PAS/PAT agama Islam kelas 11 semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Kunci Jawaban
- 80 Contoh soal UAS/PAT PAI kelas 10 Semester 2 K13 Beserta Jawaban
- 90 Contoh Soal USP/USBN PAI SMA/SMK Kurikulum 2013 Beserta Jawabannya

5. Jelaskan pengertian Iman kepada Malaikat?
Jawaban: Iman kepada malaikat berarti yakin dan membenarkan dengan sepenuh hati bahwa sesungguhnya Allah SWT. telah menciptakan malaikat dan makhluk gaib lainnya. Memercayai makhluk gaib yang disebut malaikat termasuk rukun iman dan kita wajib mengimaninya. Hadis Rasullah saw. yang mewajibkan iman kepada malaikat sebagai berikut. “Berkata Umar bin Khattab r.a. ketika kami bersama Rasullah saw. datanglah seorang yang berpakaian sangat putih dan rambutnya hitam, tidak tampak darinya perjalanan dan tidak ada satu pun dari kamu yang mengenalnya hingga Nabi saw. datang dan memberinya tempat duduk. Kemudian ia bertanya, “Ya Muhammad, apakah iman itu? Nabi saw. menjawab: Iman itu adalah engkau percaya kepada Allah SWT., malaikatnya, kitab-kitab-Nya. rasul-rasul-Nya, hari kemudian, dan percaya kepada qadar yang baik dan yang buruk. “(HR. Tirmizi).

6. Sebutkan sikap dan perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat!
Jawaban: tanda penghayatan terhadap sesuatu biasanya dicerminkan pada sikap dan perilaku sehari-hari. Hal-hal yang mencerminkan iman kepada malaikat sebagai berikut.
a. Membiasakan dan gemar melakukan amal salih, disiplin, dan patuh kepada ajaran Islam
b. Bekerja keras demi produktivitas (jihad) dan yakin mendapat perlindungan Allah SWT.
c. Memurnikan ajaran Islam, memantapkan tauhid, dan menjauhi takhayul.
d. Menjauhi dan mencegah diri sendiri, keluarga serta lingkungan dari perbuatan tecela yang tidak diridai Allah SWT.
e. Waspada dan was-was diri karena merasakan kehadiran malaikat yang senantiasa mengawasinya.
f. Jujur dan meyakini bahwa kelak akan mempertanggungjawabkan semua perbuatan yang baik ataupun buruk.

7. Sebut dan Jelaskan Hikmah penghayatan Iman kepada Malaikat!
Jawaban:
a. Mengimani malaikat berikut sifat-sifatnya akan memberikan manfaat yang besar dalam hidup dan kehidupan manusia di tengah-tengah masyarakat yang penuh dengan berbagai macam persoalan. Orang yang bertakwa senantiasa optimis dan tidak akan ragu-ragu atau gentar dalam menghadapi aneka ragam persoalan, baik dalam keadaan seorang diri maupun dalam keadaan bersama-sama karena ada malaikat yang mengawasinya secara bergiliran. Sebagaimana dalam firman Allah SWT.
لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ - ١١
Artinya: Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia. (QS. Ar-Ra’d: 11)

b. Beriman kepada malaikat dapat meningkatkan manusia dalam hal pengetahuan indrawinya kepada ilmu pengetahuan nonmateri atau metafisika. Dapat menumbuhkan rasa kemanusiaan beserta segala kelebihannya dengan tetap taat dan patuh kepada Allah SWT. dan dengan meyakini bahwa malaikat pun taat dan patuh kepada Allah SWT.
c. Mengimani malaikat dengan sfiat-sifatnya akan dapat mendorong seseorang untuk melakukan hal yang terbaik dan berlomba-lomba dalam kebaikan seperti yang diperintahkan Allah SWT.
d. Memiliki pemahaman bahwa ada malaikat yang bertugas mencatat amal perbuatan manusia, baik perbuatan yang baik ataupun perbuatan yang jahat. Firman Allah SWT dalam Alquran Surah Qaf ayat 18.
مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ اِلَّا لَدَيْهِ رَقِيْبٌ عَتِيْدٌ - ١٨
Artinya: Tidak ada suatu kata yang diucapkannya melainkan ada di sisinya malaikat pengawas yang selalu siap (mencatat). (QS. Qaf: 18).

Ayat tersebut mendidik manusia agar patuh dan taat pada ajaran agama dan selalu berhati-hati agar semua perbuatannya cenderung kepada kebaikan dan menghindari perbuatan jahat. Kita harus meneguhkan pendirian serta membangkitkan keberanian karena yakin bahwa ada pelindung dan penolong. Firman Allah SWT dalam quran surah fussilat ayat 30.
اِنَّ الَّذِيْنَ قَالُوْا رَبُّنَا اللّٰهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوْا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ اَلَّا تَخَافُوْا وَلَا تَحْزَنُوْا وَاَبْشِرُوْا بِالْجَنَّةِ الَّتِيْ كُنْتُمْ تُوْعَدُوْنَ - ٣٠
Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang berkata, “Tuhan kami adalah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat-malaikat akan turun kepada mereka (dengan berkata), “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu bersedih hati; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan kepadamu.” (QS. Fussilat: 30).

Lanjut ke materi soal Bab 2 ==> 10 Contoh Soal Essay tentang Ibadah Haji Beserta Kunci Jawaban

Posting Komentar