45 Contoh Soal USP Geografi SMA/MA Kurikulum 2013 Beserta Kunci Jawaban~Persiapan Ujian Sekolah 2022~Part3

45 Contoh Soal USP Geografi SMA/MA Kurikulum 2013 Beserta Kunci Jawaban~Persiapan Ujian Sekolah 2022~Part3 - Soal Ujian Akhir Sekolah SMA/MA mata pelajaran geografi bagian ketiga atau terakhir ini merupakan lanjutan soal USP/USBN Geografi bagian ke1 dan bagian ke-2 (soal nomor 16-30) yang berbentuk pilihan ganda. 

Sebagaimana admin sampaikan sebelumnya, bahwasanya soal-soal USP/USBN Geografi ini diambil materi soal ujian sekolah Geografi 2020. Dan soal ujian sekolah geografi yang lebih lama 2017/2018, Anda bisa membacanya pada postingan 45 soal ujian sekolah Geografi SMA/MA beserta kunci jawabannya

Semoga soal-soal ujian sekolah geografi 2020 dan kunci jawaban yang admin publish ini, bisa menjadi referensi/rujukan belajar online sebelum menghadapi soal ujian sekolah geografi 2021/2022.

Berikut di bawah ini, bagian terakhir dari soal USP Geografi yang berisikan butir soal pilihan ganda dan essay/uraian denga pertanyaan dimulai dari nomor 31.

31. Perhatikan jenis tindakan-tindakan berikut, tindakan yang mendukung pelestarian lingkungan adalah….
A. Penggunaan air conditioner (AC) untuk penyejuk ruangan
B. Pemilahan sampah organik dan anorganik
C. Pemberian reward bagi pembuang sampah di sungai
D. Pembasmian hama dengan pestisida
E. Penambahan produksi kendaraan bermotor
Jawaban: B

32. Kearifan lokal budaya Jawa yang dikenal dengan pranata mangsa dikembangkan dalam kegiatan …
A. Pertanian
B. Perdagangan
C. Kebudayaan
D. Kesenian
E. Perkebunan
Jawaban: A

33. Perhatikan karakteristik hutan berikut!
1) Daun yang lebat membentuk kanopi
2) Dibagian dalam hutan udaranya lembab
3) Keanekaragaman hayati tinggi
Karakteristik tersebut meunjukkan bioma hutan….
A. Musim
B. Konifer
C. Peluruh
D. Mangrove
E. Hujan tropis
Jawaban: E

34. Fenomena interaksi desa-kota:
1) Mobiltas penduduk desa dan kota tinggi
2) Saling ketergantungan antar desa dan kota
3) Perubahan tingkah laku masyarakat desa berubah
4) Potensi desa mendatangkan arus wisatawan ke desa
5) Pendidikan masyarakat desa meningkat
Aspek budaya yang terjadi akibat interaksi desa kota ditunjukkan oleh angka….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 2, 3, dan 4
D. 2, 4, dan 5
E. 3, 4, dan 5
Jawaban: E

35. Desa Bakas mengembangkan beberapa program wisata yang berkonsep agroculture tracking. Wisatawan ditawarkan merasakan kehidupan di desa wisata dengan menginap di homestay milik warga. Adat istiadat di desa ini dijalankan tetapi tidak bersifat mengikat.
Berdasarkan uraian tersebut, desa Bakas termasuk desa … karena ….
A. Swasembada; karena pola piker masyarakatnya sangat rasional
B. Swadaya; teknologi pertanian masih sederhana
C. Swakarya; mata pencaharian penduduk makin beragam
D. Tradisional; hanya mengandalkan sektor pertanian
E. Swakarya; tingkat pendidikan penduduk cukup tinggi
Jawaban: C

36. Indonesia dapat menjadi poros maritime dunia berdasarkan potensi sumber daya kelautan karena ….
A. Indonesia memiliki posisi strategis diantara jalur perdagangan dunia diantara samudra pasifik dan samudra hindia dan diantara dua benua Asia dan Australia dan berhadapan dengan negara-negara maju seperti Amerika
B. Kondisi iklim Indonesia sangat mendukung bagi aktivitas pertanian sehingga menjadikan Indonesia menjadi negara agraris yang diperhitungkan di kawasan Asia
C. Indonesia memiliki potensi kekayaan laut yang tidak hanya berupa ikan, tapi juga barang tambang seperti minyak bumi, nikel, bauksit, bijih besi, timah dan lain-lain di bawah permukaan laut
D. Indonesia memiliki 16.000 pulau yang unik dengan potensi alam yang indah dari Sabang sampai Marauke dengan berbagai keragaman di dalamnya
E. Indonesia memiliki keragaman budaya yang khas dan tradisi yang unik yang mampu menarik wisatawan dari berbagai pelosok dunia
Jawaban: C

37. Jarak kota anggrek ke kota kencana adalah 18 km. kota anggrek berpenduduk 30.000 jiwa dan kota kencana berpenduduk 750.000 jiwa. Di antara kedua kota akan dibangun pusat perbelanjaan. Lokasi ideal untuk membangun pusat perbelanjaan tersebut adalah ….
A. 3 km dari Kota Anggrek
B. 3 km dari Kota Kencana
C. 4 km dari Kota Anggrek
D. 6 km dari Kota Anggrek
E. 6 km dari Kota Kencana
Jawaban: B

38. Perhatikan gambar struktur kota berikut!

Pemukiman kelas atas berada di kawasan angka 5 yang jauh dari pusat kota. Menurut teori tersebut, kondisi demikian terjadi karena….
A. Luas wilayah pusat kota semakin sempit
B. Fasilitas di zona tersebut lebih lengkap
C. Penduduk dipusat kota bersifat individual
D. Harga sewa tanah di zona tersebut rendah
E. Penduduk kelas atas mencari kenyamanan
Jawaban: E

Baca juga:
- Contoh Soal USP Ekonomi Kelas 12 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban
- 90 contoh soal USP PAI SMA/SMK Kurikulum 2013 Beserta Jawaban
- 100+ contoh soal USP PPKn SMA/MA/SMK/MAK Beserta Kunci Jawabannnya
- 40 Contoh Soal USP Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013~Persiapan Ujian Tahun 2022
- Contoh Soal USP Fisika SMA Beserta Jawaban

39. Ketersediaan infrastruktur penunjang pembangunan masih terkonsentrasi di wilayah Indonesia Barat. Sementara itu, infrastruktur penunjang pembangunan di Indonesia Timur kurang memadai. Kondisi tersebut menunjukkan salah satu permsalahan tata ruang di Indonesia, yaitu ….
A. Konflik pemanfaatan ruang
B. Sistem informasi belum optimal
C. Pemantauan ruang belum efektif
D. Adanya kesenjangan antarwilayah
E. Kualitas sumber daya manusia rendah
Jawaban: D

40. Perhatikan peta dunia berkut:

Negara-negara maju pada peta ditunjukkan oleh angka….
A. 1, 2, dan 5
B. 1, 3, dan 4
C. 2, 3, dan 4
D. 2, 4, dan 5
E. 3, 4, dan 5
Jawaban: C

Untuk soal nomor 41-45 berbentuk uraian

41. Peta sering kali digunakan dalam kehidupan sehari-hari, berdasarkan ukurannya ada yang besar, sedang maupun kecil. Uraikan jenis peta berdasarkan skalanya!
Jawaban:
1) Peta kadaster, yaitu peta yang berskala antara 1: 100 sampai dengan 1 : 5.000. Peta ini digunakan untuk menggambarkan luas tanah dan sertifikat tanah.
2) Peta skala besar, yaitu peta yang berskala antara 1 : 5.001 sampai dengan 1 : 250.000. Peta ini digunakan untuk menggambarkan daerah yang sempit, misalnya peta kelurahan, peta desa, peta kecamatan, dan peta kota.
3) Peta skala sedang, yaitu peta yang berskala antara 1 : 250.001 sampai dengan 1 : 5.00.000. Peta tersebut digunakan untuk menggambarkan daerah agak luas, misalnya Peta Provinsi Jawa Barat, Provinsi Sumatra Utara, dan sebagainya.
4) Peta skala kecil, yaitu peta yang berskala antara 1 : 500.001 sampai dengan 1 : 1.000.000. Peta ini digunakan untuk menggambarkan daerah yang cukup luas, misalnya Peta Indonesia dan Peta Amerika Serikat.
5) Peta skala geografis, yaitu peta yang berskala lebih kecil dari 1 : 1.000.000. Peta ini digunakan untuk menggambarkan kelompok negara, misal Peta Negara-Negara Eropa, Peta Negara-Negara Asia Tenggara, Peta Benua Australia, dan PetaDunia.

42. Gempa bumi merupakan guncangan yang terjadi secara tiba-tiba dan merambat ke segala penjuru. Klasifikasikan gempa bumi berdasarkan proses terjadinya!
Jawaban: ada 3 jenis gempa yang terjadi berdasarkan prosesnya. Yaitu :
Gempa tektonik adalah gempa yang terjadi karena adanya tumbukan lempeng di litosfer oleh tenaga tektonik. Tumbukan tersebut akan menghasilkan getaran yang kemudian terasa sampai kepermukaan bumi.
Gempa vulkanik merupakan gempa yang terjadi karena adanya aktivitas gunung api. Karena aktivitas penyebabnya terbatas, gempa ini hanya bisa terasa di sekitar gunung api ketika sudah menjelang letusan, pada saat letusan, dan setelah beberapa saat gempa itu terjadi.
Gempa runtuhanjuga dikenal dengan sebutan gempa longsoran. Gempa ini terjadi karena adanya daerah kosong yang runtuh di bawah lahan.

43. Energi SDA alam di bumi terbatas oleh karena itu, manusia berusaha mencari sumber energi baru . Jelaskan yang dimaksud dengan energi baru dan terbarukan sertakan dengan contohnya (3)!
Jawaban: Energi baru adalah jenis-jenis energi yang pada saat ini belum pernah dipergunakan secara massal oleh manusia dan masih dalam pengembangan. Contoh, energi baru adalah pemanfaatan sel surya untuk menyalakan lampu lalu lintas. Sementara itu, energi terbarukan adalah energi yang ketersediaan sumbernya bisa dipulihkan dengan cepat setelah sumber itu digunakan atau dihabiskan secara alami.
Contohnya : tenaga matahari, panas bumi, air dst

44. Perhatikan gambar berikut!
Berdasarkan gambar tersebut, untuk membangun fasilitas pasar agar dapat melayani kedua kota secara seimbang, maka hitunglah lokasi pasar yang tepat menurut titik hentinya!
Jawaban:
Keterangan:
DAB = jarak titik henti
dAB = jarak wilayah A dan B
PA = jumlah penduduk kota A
PB = jumlah penduduk kota B
Kesimpulan pasar dibangun 15 Km dari kota A

45. Masyarakat desa dan kota memiliki ciri yang berbeda. Uraikan perbandingan karakteristik masyarakat desa dan masyarakat kota (2)!
Jawaban: Perbedaan karakteristik masyarakat desa dan masyarakat kota :
1) Masyarakat desa berperilaku yang dilandasi konsep kekeluargaan dan kebersamaan, sedangkan masyarakat kota dilandasi pengandalan diri dan kelembagaan
2) Masyarakat desa berorientasi pada tradisi dan status, sedangkan masyarakat kota berorientasi pada rasionalitas dan fungsi
3) Masyarakat desa banyak ritual dan nilai-nilai sakral, sedangkan masyrakat kota berorientasi fungsional dan sekular

Baca juga soal-soal USP lainnya:
- 40 contoh soal USP Sejarah peminatan SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Beserta Kunci Jawaban
- 45 contoh Soal USP Antropologi SMA/MA Beserta Kunci Jawaban

Posting Komentar